//
you're reading...
Uncategorized

Keterampilan, Literasi dan Kefasihan TIK Untuk Pendidikan Abad-21


Keterampilan, Literasi dan Kefasihan TIK Abad-21Perkembangan teknologi baru telah mengakibatkan permintaan untuk pengembangan kapasitas manusia. Sebagian dari perubahan ini  berhubungan dengan peluang untuk menyimpan, memanipulasi, dan menyebarkan  informasi dalam pendidikan. Ada tiga fitur teknologi baru yang paling penting untuk pendidikan berbasis TIK yaitu kemampuan untuk digitalisasi, memproses dan mengirimkan informasi. Kata-kata yang umum digunakan untuk definisi teknologi ini dalam penelitian dan  dokumen kebijakan termasuk istilah-istilah  “alat” abad ke-21 seperti, komputer, teknologi informasi, teknologi komunikasi, multimedia, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi digital, teknologi jaringan, teknologi pembelajaran atau hanya teknologi . Namun, ruang lingkup dan semantik istilah ini tidak sama. Misalnya, istilah multimedia, digital (EC 2003), komputer dan teknologi informasi (ETS 2002, 2003;. Lennon, et al 2003) menyiratkan hanya digitalisasi dan pengolahan informasi. Komunikasi (ETS 2002, 2003;. Lennon, et al 2003), jaringan (Bawden 2001) atau istilah serupa memerlukan digitalisasi dan transmisi.

Istilah teknologi informasi dan komunikasi (Anderson & Weert 2002; ETS 2002, 2003) mencakup semua ketiga fitur ini. Istilah yang lebih umum – alat abad ke-21 (Kemitraan untuk Keterampilan Abad 21 2002), teknologi (ISTE 1998) atau teknologi pembelajaran (ACTG 2004) – biasanya digunakan dalam arti yang lebih luas dari ICT dan melibatkan teknologi lainnya (yaitu, non-TIK) yang dapat diterapkan untuk pembelajaran.

Namun, kurang ada konsensus mengenai definisi dari istilah-istilah ini. Misalnya, dalam laporan Testing Pelayanan Pendidikan (ETS 2002, 2003), istilah teknologi digital  hanya mencakup teknologi informasi dan eksplisit tidak termasuk komunikasi. Sementara dalam Rencana Teknologi Pembelajaran  “Australian Capital Territory” (ACTG 2004), teknologi digital sebagai sinonim untuk teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, definisi kedua istilah ini meliputi teknologi lainnya yang tidak terkait langsung dengan pengolahan dan / atau transmisi informasi berbasis komputer.

Yang paling tepat dan berkelanjutan untuk jangka panjang, serta telah digunakan secara luas dalam domain pendidikan, adalah teknologi informasi dan komunikasi (Anderson & Weert 2002; ETS 2002, 2003;. Lennon, et al 2003). Deskripsi yang paling komprehensif istilah ini diusulkan oleh UNESCO sejak 1994 (Weert & Tinsley 1994), dan saat ini masih digunakan (Anderson & Weert 2002). Definisi TIK secara eksplisit tidak hanya mencakup perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga ‘implikasi industri, komersial, pemerintah dan politik, organisasi dan aspek manusia’ (Anderson & Weert 2002: 12). Definisi baru ini mengusulkan ICT memiliki semantik yang sama dan mencakup semua tiga aspek teknologi modern – digitalisasi, pemrosesan, dan transmisi (Cuttance & Stokes 2000; ETS 2002; Lennon, et al 2003.). Mereka secara khusus menekankan kemampuan ICT untuk memungkinkan komunikasi.

Singkatnya, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah salah satu cara yang paling tepat untuk digunakan dalam konteks pendidikan.  Menurut UNESCO (Anderson & Weert 2002) dan (Cuttance & Stokes 2000; ETS 2002, 2003), TIK dapat digambarkan sebagai penerapan pengolahan informasi dan sistem transmisi di masyarakat, termasuk perangkat keras, perangkat lunak, peralatan komunikasi dan jaringan, organisasi dan aspek manusia, dan, komersial, pemerintah, implikasi politik, sosial dan budaya industri ini.

About these ads

Tentang djadja

Seorang hamba Allah, ayah, suami, kepala rumah tangga (Commander In Chief), praktisi pendidikan, manajemen dan telematika yang mencoba merunduk di ladang ibadah

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 942 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: