Kisah tentang Antonov An-225 Mriya Pesawat Terbang terbesar peninggalan era perang dingin


Kisah ini tentang Antonov An-225 Mriya pesawat peninggalan era perang dingin buatan أوكرانيا Ukraine Украина yang menerbangkan misi menantang hingga saat terakhirnya. Ia adalah pesawat terbesar di dunia dan memegang rekor udara terbanyak untuk pengangkutan kargo. Tapi bagaimana ceritanya?

Pesawat terbesar di dunia ini, pesawat kargo Antonov An-225 milik Ukraina, hancur oleh serangan di luar Kyiv dalam hari keempat invasi di negara itu.

Kejadian ini dikonfirmasi oleh kelompok Ukroboronprom bentukan pemerintah Ukraina pada hari Minggu waktu setempat, di bandara Antonov, Gostomel dekat Kiev.

Antonov An-225 Mriya melakukan penerbangan pertamanya pada 21 Desember 1988 lepas landas dari bandar udara pabrik di Svyatoshyn Airport. Pesawat tersebut diterbangkan oleh kru yang dipimpin oleh Олександр Галуненко. Mriya dikembangkan untuk transportasi pengorbit pesawat ulang-alik Buran dan komponen roket pembawa Energiya. AN-225 juga diharapkan dapat digunakan sebagai tempat peluncuran ruang angkasa dalam sistem transportasi kedirgantaraan yang dapat digunakan kembali (MAKS) dengan pesawat untuk roket tahap pertama dan pesawat ulang-alik ukuran kecil dengan tangki bahan bakar – tahap kedua. Mriya dapat mengirimkan kargo berukuran ekstra berat ke titik mana pun di dunia yang membawanya baik di dalam badan pesawat atau di eksternal. Dua pesawat AN-225 dibangun. Konstruksi salah satu pesawat telah selesai. Pesawat dan unit ekor dirakit di fasilitas Pekerjaan Mekanik ANTONOV Company di Kyiv, sedangkan bagian tengah sayap dan panel sayap luar dirakit di Asosiasi Produksi Valerii Chkalov Tashkent di Tashkent. Sayap dan bagian tengah sayap diangkut dari Tashkent ke Kyiv dengan An-22 Antaeus (Antei).

KARAKTERISTIK

Panjang (m) 84
Tinggi (m) 18,2
Rentang sayap (m) 88,40
Luas sayap (m²) 905.0
Karakteristik penerbangan
Kecepatan jelajah (km/jam) 800
Jangkauan operasional (km) 15 400
Plafon operasional (m) 9 000

KRONOLOGI

16 Oktober 1986 Persetujuan Persyaratan Spesifikasi pengembangan pesawat multiguna untuk sistem kedirgantaraan yang, menurut Pemberlakuan Komite Sentral CPSU dan Dewan Menteri Uni Soviet No. 132-51, juga termasuk pengorbit pesawat ulang-alik Buran dan pembawa Rassvet (Energiya).
20 Mei 1987 penerbitan Pemberlakuan Komite Sentral CPSU dan Dewan Menteri Uni Soviet No. 587-132 tentang peluncuran pengembangan dan konstruksi pesawat dengan penunjukan kode “400М” (kemudian – “402” atau AN-225).
Tanggal 30 November 1988 pesawat yang kemudian diberi nama “Mriya” diluncurkan dari bengkel perakitan ANTONOV ASTC.
20 Desember 1988 kru termasuk: Oleksandr Galunenko (kapten), Sergii Gorbik (co-pilot), Sergii Nechayev (navigator), Oleksandr Shuleshchenko (insinyur penerbangan senior), Volodymyr Gusar (insinyur penerbangan), Vyacheslav Belousov (operator radio) dan Mykhaylo Kharchenko (insinyur uji terbang terkemuka) pertama kali menerbangkan AN-225.
Februari 1989 Mykhaylo Gorbachov, Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPSU, mengunjungi AN-225 di Bandara Boryspil Kyiv. Di atas kapal Mriya itulah keputusan bersejarah dibuat untuk menempatkan dua An-124 di pembuangan Antonov ASTC. Acara ini membuka pintu air untuk operasi transportasi komersial menggunakan Ruslans dan berfungsi sebagai hasutan untuk mendirikan Antonov Airlines, divisi transportasi udara ASTC.
22 Maret 1989 Mriya lepas landas dengan 156,3 ton kargo dan membuat 110 rekor kecepatan, ketinggian, dan berat ke ketinggian dunia dalam waktu 3 jam 45 menit penerbangan.
13 Mei 1989 Mriya lepas landas dari aerodrome Baikonur dengan kargo utamanya – pengorbit Buran dengan berat sekitar 60 ton – digendong. 13 uji terbang dilakukan dalam konfigurasi kendaraan seperti itu di daerah Baikonur.
Juni 1989 demonstrasi Mriya dengan Buran di Paris International Aerospace Show ke-38 di Le Bourget (Prancis).
Mei 1990 Mriya (awak kapten Sergii Gorbik) melakukan penerbangan komersial pertamanya dengan membawa traktor -800 dengan berat lebih dari 110 ton dari Chelyabinsk ke Yakutia.
21 Juni 1991 sistem kedirgantaraan yang terdiri dari Mriya dan pesawat ruang angkasa British Aerospace Interim HOTOL yang dapat digunakan kembali dipresentasikan di markas Badan Antariksa Eropa di Paris.
7 Mei 2001 penerbangan pertama Mriya (pilot in command – .V. Galunenko) setelah rekondisi overhaul menyusul downtime selama tujuh tahun di aerodrome.
26 Mei 2001 Sertifikat Tipe AN-225 diserahkan saat upacara pembukaan landasan pacu baru di bandara Boryspil.
11 September 2001 Mriya menetapkan 124 dunia dan 214 rekor kecepatan, ketinggian, dan ketinggian nasional.
16 Juni 2004 setelah menerbangkan AN-225 dengan muatan 247 ton (4 mesin pemasangan pipa) dari Praha (Republik Ceko) ke Tashkent (Uzbekistan), kru yang dipimpin oleh Anatolii Moiseyev mencetak enam rekor dunia.
10 Juni 2010 AN-225 membawa barang kargo terpanjang dalam sejarah transportasi udara. Dua bilah turbin angin masing-masing berukuran 42,1 meter dikirim melalui udara dari China ke Denmark untuk pengujian khusus.
27 September 2012 pada hari pembukaan AviaSvit -ХХΙ Aerospace Show, Mriya mengangkat pameran seni Galeri Globus (500 lukisan karya 120 seniman Ukraina) yang ditampung di kompartemen kargo pesawat, hingga ketinggian 10150 m. Penerbangan tersebut tercatat dalam Guinness Book of Records.
AN-225 Mriya Ukraina 2016 membawa barang kargo seberat 182 ton (turbin listrik 155 ton yang ditampung dalam sangkar 27 ton tujuan khusus dikirim dari São Paulo (Brasil) ke Santiago (Chili) ).

Tinggalkan komentar